21.4.08

Dokter PTT

Well, ndak terasa udah 3 tahun lebih aku dinas di RS ini. Kalo kuinget hari-hari pertama kerjaku, hehehe.. Luar biasa!..

Aku lulus dari Fakultas Kedokteran Swasta di Jawa Barat pada bulan Oktober 2003, setelah lulus dan mendapat gelar dokter umum jadi semangat banget buat kerja. Pengalaman pertama adalah jaga BP atau klinik 24 jam dengan bermodalkan SIPS (Surat Ijin Praktek Sementara..waktu itu cuma 6 bulan aja ijinnya). Tapi buatku rasanya masih kurang..Setelah 6 bulan mau kemana?.. Masa SIPS terus??...Akhirnya me & the girls jadi pada heboh ke DinKes buat daftar PTT Pusat..Tinggal aku yang bingung menetapkan tujuan.. Maksud hati ikut PTT Pusat buat mudik ke daerah asal, tapi katanya udah tutup, trus nego kalo ndak ikut PTT gimana? Ternyata nanti gak bisa dapat SIP (Surat Ijin Praktek), gak bisa praktek, gak bisa kerja, gak bisa mengamalkan ilmu, dst..Bingungggg.. Jadi WAKTU ITU harus atawa Wajib PTT.
Akhirnya setelah mencari informasi kesana-kemariada pilihan yang lain lagi seperti PTT Cara Lain dan PTT Daerah. Kalo PTT Cara Lain kita bisa bekerja di sebuah instansi RS sebagai seorang dokter PTT dengan syarat RSnya bukan di ibukota provinsi. TRus kalo PTT Daerah, kita bekerja sebagai dokter umum dengan pembiayaan dari daerah setempat. Dan untuk kota Bandung, buat PTT Daerah ndak bisa, buat PTT Cara Lain syaratnya ribet, dan untuk PTT Pusat antriannya PANJANGGGG... Ternyata lembaran ijazah belum cukup buat seorang dokter umum yang baru lulus. Alhasil, sambil menunggu antrian PTT Pusat yang puanjang buanget, aku kembali bertugas sebagai dokter di Klinik 24 jam.. Kadang tinggal di klinik 2 hari trus balik ke kost, kadang hanya sehari trus balik lagi ke kost, begitu terus sampai akhirnya aku dipanggil orang tua tuk pulang kampung. Menurut beliau, lebih baik nunggu antrian di rumah sendiri, hitung-hitung menghemat ongkos biaya tempat tinggal dan makan.. So, aku mudik dan mulai menunggu dan mencari lagi..
Waktu dah nyampe kota kecilku, ternyata banyak pilihan tempat pekerjaan. Dan setelah survey kesana-kesini, melamar kesana-kesini.. Sambil tetep jadi dokter tembak (gantiin jaga klinik temen yang sibuk maksudnya) akhirnya aku diterima bekerja di RS Swasta yang bersedia mempekerjakan dokter umum dengan status PTT (PTT cara lain).

Tidak ada komentar: