15.5.08

Sekilas tentang Hepatitis C

Hepatitis C

Hmm.. NI penyakit disebabkan oleh virus. Bila terinfeksi maka perlu pemeriksaan dan pengobatan yang cukup mahal. Tapi Hepatitis C ini dapat dihilangkan virusnya dari tubuh bila mengikuti prosedur pengobatan yang tepat.

Bila sudah didiagnosa dengan Hepatitis C,maka langkah pertama diantaranya adalah :

1. Cek HCV RNA kuantitatif, untuk mengetahui jumlah virus di dalam tubuh kamu.
2. Cek Genotipe virusnya, termasuk Genotipe 1 atau 2 atau 3 atau 4? Kalau Genotipe 1 dan 4 merupakan tipe yang sulit untuk diobati. Kalau tipe 2 dan 3 lebih gampang. Untuk waktu pemberian obat biasanya tipe 1 dan 4 selama 48 minggu dan tipe 2 dan 3 selama 6 bulan. Tentu dengan evaluasi efek samping obat dan pemeriksaan SGPT, HCV RNA Kuantitatif berulang.
3. Cek persediaan dana, cukup nda buat beli obat yang notabene mahal (sekali suntikan bisa mencapai 2,2 juta rupiah (WAaahhhh..).
4. Kalo dana udah tersedia, bisa mulai pemberian suntikan interferon (ada bermacam- macam jenisnya, bisa dipilih sesuai kebutuhan dan sumber dana).
5. Kurang lebih 3 bulan cek HCV RNA kuantitatif lagi buat tau respons pengobatan, ada penurunan jumlah virus nda? Kalo penurunannya sampe 2log atau lebih berarti respon therapy bagus dan keberhasilan tinggi. Kalo penurunan hanya 1 log saja berarti respon therapynya lambat.

Well, intinya pengobatan Hepatitis C bisa sampai sembuh total, tuntas!!! Yaitu virus Hepatitis C di tubuh kita bisa hilang, tetapi kita butuh dana yang cukup besar untuk mencapai hal tersebut. Sayangnya bantuan dari pemerintah belum ada, dan Hepatitis C ini belum ditemukan vaksinasi untuk pencegahannya. Jadi kita kudu hati-hati supaya tidak tertular Hepatitis C.

Penularan Virus Hepatitis C dapat melalui :
Darah (yang mengandung virus Hepatitis C), Hubungan sexual dengan penderita Hepatitis C, menggunakan pisau cukur, jarum suntik, tato, piercing (anting-anting), atau alat-alat medis yang terkontaminasi dengan virus Hepatitis C.

So, be carefull yaaa...

Tidak ada komentar: